Select Page

Cikarang, Bekasi merupakan kota yang terletak di Jabodetabek. Memiliki hawa yang cukup panas, mengingat banyaknya tempat-tempat industri yang didirikan di kota Cikarang. Bahkan tak heran jika kawasan industri di Cikarang-Bekasi ni termasuk salah satu yang terbesar di ASEAN. Dengan pertumbuhan penduduk yang semakin pesat, dengan banyaknya kesempatan atau peluang lapangan pekerjaan, kini semakin mendegradasi aktivitas masyarakat Cikarang itu sendiri.

Bahkan di kawasan Cikarang sendiri, ada banyak lahan-lahan di sekitarnya yang dialihfungsikan menjadi perumahan dan pabrik. Sampai sekarang ini, identitas asli Cikarang-Bekasi sendiri dari sisi budayanya telah hilang dengan sendirinya dan kebanyakan masyarakat pribumi yang ada di Bekasi, khususnya tak tahu apa saja budaya dan makanan khas Bekasi.
Makanan Khas Bekasi, Cikarang

Jika dilihat dari geografis budayanya, kota Bekasi sudah banyak dipengaruhi budaya-budaya Betawi dibandingkan budaya Sunda. Beberapa kesenian khas Betawi bahkan berasal dari Bekasi. Jadi, tak heran jika ada banyak budaya dan makanan khas Bekasi yang mirip seperti budaya dan makanan khas Betawi.
Namun, Anda tak perlu khawatir karena Kami akan berikan ulasan tentang makanan-makanan khas Cikarang hingga kue basah Cikarang berikut ini :

1. Sayur Gabus Pucung

Jika berkunjung ke Cikarang, jangan lupa untuk menikmati sayur Gabus Pucung sebagai makanan khas Bekasi. Ikan Gabus adalah sejenis ikan yang dibudidayakan di kota Bekasi, karenanya ada sebuah kampung yang terletak di kawasan Tambun Utara bernama Kampung Gabus. Katanya dulu di daerah tersebut ada banyak kolam ikan yang terbentuk alami.

Adapun salah satu makanan olahan dari ikan gabus dengan cita rasa yang unik dan enak adalah Sayur Gabus Pucung. Cara membuatnya, pertama-tama goreng ikan gabus lalu masak memakai kuah hitam dengan rasa yang pedas. Mungkin jika di Jawa sendiri, makanan tersebut mirip seperti Rawon, hanya saja bahan utamanya ikan Gabus dan bukan berbahan dasar daging sapi.

Sayangnya, sekarang ini sudah jarang dihidangkan karena bahan dasar ikan gabus yang sudah semakin sulit untuk didapatkan. Tak hanya dikarenakan budidayanya yang tergolong sulit, tetapi habitat asli dari ikan gabus sendiri sudah menghilang akibat lahannya beralih fungsi.

Namun tenang saja, Anda tetap dapat menikmati santapan sayur gabus pucung ini, mengingat dari tahun 2016, pihak pemerintah di Kabupaten Bekasi sendiri telah mengeluarkan mandate untuk seluruh hotel di Bekasi agar menjadikan makanan ini sebagai menu utamanya. Dengan demikian, dapat dipastikan jika di seluruh restoran, khususnya restoran hotel yang ada di Bekasi disediakan menu Sayur Gabus Pucung.

2. Kue Jalabia

Kue Jalabia biasa disebut juga dengan nama kue cincin adalah salah satu kuliner kue basah CIkarang. Menurut masyarakat, kue jalabia tersebut adalah kue donatnya masyarakat Kampung. Kue ini terbuat dari bahan olehan tepung beras ketan, gula merah, tepung beras, serta kelapa parut. Kue jalabiya menjadi salah satu makanan khas dari kota Subang, tapi perbedaannya dengan Kue Jalabia Cikarang sendiri ialah gula merah yang membalutnya dibuat hangat sehingga rasa manisnya sangat terasa di tengah-tengah kegurihan cita rasa kue Jalabia.

3. Kue Dongkal

Jika berbicara tentang kue putu, kita mungkin sudah sangat familiar dan cita rasanya yang manis semakin membuat kita merindukan kue yang satu ini. Nah, di Bekasi atau Cikarang sendiri ada kue yang mirip seperti kue putu, bernama kue Dongkal. Kue ini berasal dari bahan dasar kelapa parut, tepung beras, dan juga gula merah. Tapi tepung beras yang ada di kue dongkal ini biasanya digiling kasar saja, jadi teksturnya sedikit lebih keras jika dibandingkan dengan kue putu.

Di samping itu, cara pembuatan kue basah Cikarang ini memakai wadah khusus yang berbentuk kerucut dan dibuat menyusun bergantian antara lapisan tepung beras beserta gula merah yang dicairkan. Lalu dikukus supaya kedua bahan tadi menyatu.

Kue ini biasanya disajikan dengan dipotong secara vertikal dari yang awalnya berbentuk seperti nasi tumpeng. Kue dongkal sangat nikmat jika dihidangkan selagi hangat, sebab jika sudah dingin adonan tepung beras biasanya akan mengeras.
Itulah beberapa makanan khas Cikarang beserta pilihan kue basah Cikarang yang bisa Anda cicipi selagi berkunjung ke kota Cikarang atau Bekasi.

 

 

Daftar Tempat Kue di Cikarang Food Square

Call Now
WhatsApp